Opini tentang Pendidikan Indonesia Kini

Sebenarnya saya juga ingin wadul.. (mengadu)

Saya belum  bisa mewadulkan masalah di masyarakat yang berkaitan tentang ekonomi, politik, pertanian atau pertambangan dan hal-hal berat lainnya.. Saya masih muda. Saya akan mewadulkan tentang masalah pendidikan, sosial..

Di sebagian wilayah Indonesia kita dapat menemukan dengan mudah sekolah-sekolah berlantaikan porselen dengan gedung bertingkat dan segala fasilitas yang lebih dari sekedar memadai. Di sebagian lain kita juga bisa menemui
sekolah yang belum berwarna dindingnya, belum ada jaringan WiFi-nya, belum sehat jajanan kantinnya, belum ramai perpustakaannya, sedikit sekali guru pengajarnya, jauh sekali jalan yang harus ditempuh untuk menjangkaunya. Sampai kapan harus ada kesenjangan seperti ini? Tidak bisakah pemerintah menetapkan suatu Standar Minimum untuk suatu sekolah dapat berdiri? Sekolah dengan fasilitas dan kualitas yang memadai? Sekolah yang akan selalu menjadi tempat yang nyaman untuk belajar dan mengembangkan diri insan muda Indonesia yang akan memimpin bangsa ini..

Menurut saya, sekolah yang baik itu yang mudah dijangkau dari segi biaya, tidak di pelosok, menyediakan fasilitas yang sesuai dengan tuntutan kurikulum, tidak banjir saat hujan dan tidak berdebu saat kemarau. Sekolah yang sehat, sekolah yang mengembangkan minat dan bakat siswa, sekolah yang mengajarkan ketaatan beragama, sekolah yang memerhatikan nilai-nilai kejujuran dan kepatutan dalam bermasyarakat. Sekolah bukan hanya tempat belajar matematika tetapi juga tempat mengasah kemampuan tenggang rasa. Sekolah jangan hanya dibiarkan sebagai tempat mencari ijazah. Nilai di atas kertas tak akan berguna apa-apa bila tidak dapat diterapkan dalam kehidupan. Sekolah sebagai rumah kedua bagi anak. Tidak tercapai fungsi sekolah apabila setelah pulang sekolah anak masih berkeliaran clubbing, seks bebas, balap liar, cabe-cabean, curanmor, narkoba, tawuran antar geng dan hal-hal immoral lainnya. Sekolah harusnya juga mengajarkan, mengawal, dan memastikan siswa memahami dan menerapkan ilmu tentang bagaimana menjadi warga negara yang terpuji dan berbudi pekerti. Sekolah sebagai tempat pengembangan sosial.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Faatihah dari Segala Sisi (Kalau Gak Kuat Gausah Dibaca) Part 5 : 5 Tempat Makan Favorit

Review Drama (1) : Memories of the Alhambra

Unsur-Unsur dalam Komunikasi